In HouseTraining (IHT)

Pangkalan Kerinci, Sabtu (11/8/18) SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci mengadakan In House Training (IHT) Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian Hots (USBN). Pemateri soal HOTS adalah Bapak Syahrial, M.Pd Kepala SMAN 1 Pangkalan Kerinci dan ibu Yusmanita, S.Si, M.Pd Wakil Kurikulum bidang studi Matematika SMAN 1 Pangkalan Kerinci. Peserta IHT adalah para guru SMAN 1 Pangkalan Kerinci dan perwakilan dari sekolah Imbas yakni SMAN 2 Pangkalan Kerinci, SMAN Bernas, SMA Mutiara, SMA C9 dan SMA Taruna Andalan.

IHT yang disampaikan oleh Bapak Syahrial dan Ibu Yusmanita sebagai berikut, Pengembangan soal High Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berfikir tingkat tinggi memerlukan berbagai kriteria, baik dari segi bentuk soalnya maupun konten materi subyeknya. Teknik penulisan soal-soal HOTS baik yang berbentuk pilihan ganda atau uraian secara umum sama dengan penulisan soal tingkat rendah, tetapi ada beberapa ciri yang membedakannya. Ada beberapa cara yang dapat dijadikan pedoman oleh para penulis soal untuk menulis butir soal yang menuntut berpikir tingkat tinggi, yakni materi yang akan ditanyakan diukur dengan perilaku misalnya sesuai dengan ranah kognitif Bloom dan setiap pertanyaan diberikan dasar pertanyaan (stimulus) dan soal mengukur kemampuan berpikir kritis. Agar butir soal yang ditulis dapat menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi, maka setiap butir soal selalu diberikan dasar pertanyaan (stimulus) yang berbentuk sumber/bahan bacaan seperti: teks bacaan, paragrap, kasus, gambar, grafik, foto, rumus, tabel, daftar kata/symbol, contoh, peta, film, atau suara yang direkam.

Dengan kegiatan IHT ini diharapkan para guru dapat lebih mengembangkan kemampuannya untuk membuat atau menyusun soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS – High Order Thingking Skills) tersebut dan dapat diterapkan di kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas daya pikir peserta didik.(SS)

1,612 total views, 4 views today

error: