In House Training (IHT) Pengembangan RPP berbasis Keterampilan 4C

Sebagai rangkaian dari kegiatan SMA Rujukan Nasional 2018, SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci mengadakan In House Training (IHT) “Pengembangan RPP Berbasis 4C (Keterampilan Abad 21)”, Ahad (19/08/18). Acara yang dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Bapak Syahrial, M.Pd , seluruh majelis guru, dan guru perwakilan sekolah imbas yakni dari SMAN Bernas, SMAN 2 Pangkalan Kerinci, SMA Mutiara Harapan, SMA Taruna Andalan dan SMA C9 Pangkalan Kerinci.

Kegiatan IHT ini dipandu oleh Bapak Drs. Afrizal Tani widyaiswara LPMP Propinsi Riau difokuskan untuk materi pengembangan RPP sesuai dengan ketentuan terbaru dari Kementerian Pendidikan termasuk Keterampilan Abad 21. Karena semua guru sudah selesai menyusun RPP diawal tahun pelajaran, maka IHT kali ini difokuskan untuk revisi dan pembenahan-pembenahan yang diperlukan.Kegiatan ini antara lain diawali dengan mengidentifikasi beberapa unsur di RPP K13 terbaru terutama untuk menyikapi tuntutan zaman yang semakin kompetitif yaitu keterampilan abad 21. Adapun pembelajaran abad 21 mencerminkan empat hal. Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration. Setiap kelompok tim teaching mata pelajaran menelaah kekurangan pada RPP yang telah dibuat kemudian disempurnakan.

Pada Kegiatan terakhir ditutup dengan presentasi contoh hasil revisi RPP mata pelajaran dan pemberian tugas membuat perangkat pembelajaran selengkapnya. Diharapkan selesainya kegiatan IHT, dapat meningkatkan keunggulan sekolah sekaligus menularkan ke sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah imbas sehingga kualitas pendidikan bisa lebih merata. (SS)

1,259 total views, 6 views today

error: